Tempat menarik yang wajib dikunjungi saat ke Turki

Tempat apa yang menarik dikunjungi saat ke Turki?

Hagia Sophia Grand Mosque Cityscape View. Photo by Dogukan Bligin/Pexels

Turki salah satu negara yang paling banyak dikunjungi semua orang. Selain menyimpan keindahan alam yang menarik, Turki juga banyak sekali menyimpan tempat bersejarah dan destinasi menarik yang harus wajib dikunjungi Sahabat Angkasatour. Berikut tempat menarik dan seru untuk dikunjungi saat kamu mau liburan ke Turki:

1. Istanbul

Istanbul, kota yang berada persis di dua benua: Eropa dan Asia. Pesonanya memadukan unsur kemodernan benua biru sekaligus keramahan ala masyarakat Timur. Maka siapa pun yang berkunjung ke kota ini akan dibuat takjub karenanya. Begitulah keindahan kota Istanbul Turki yang wajib dikunjungi.

Dahulu Istanbul memiliki nama Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Romawi Byzantium. Kota ini berganti nama ketika Sultan Muhammad Al-Fatih berhasil merebutnya, lalu jadilah ia Istanbul yang berarti Kota Islam. Perjalanan yang panjang tersebut kini membuat Istanbul menyimpan berbagai objek wisata sejarah.

People crossing the galata bridge in Istanbul, Turkey. Photo by Mathias Reding/Pexels

2. Bursa

Selain Istanbul, ada kota lain di Turki yang patut kamu kunjungi saat mengunjungi negara tersebut, yakni kota Bursa. Kota yang terletak di Turki bagian barat ini memiliki banyak tempat yang sayang untuk dilewatkan.

Dari mulai wisata sejarah, hingga menikmati indahnya alam dapat kamu nikmati di kota yang memiliki luas 11.034 m2 ini. Berikut ini kami sajikan beberapa pengetahuan mengenai kota Bursa ini sebagai panduan kamu jika memiliki kesempatan untuk pergi kesana. Berbicara tentang kota Bursa maka tak terlepas dengan gunung yang terkenal akan saljunya yaitu gunung Uludag. Gunung Uludag ini memiliki pesona tersendiri sehingga banyak sekali wisatawan yang berbondong-bondong berkunjung ke Bursa hanya untuk melihat Gunung Uludag ini.

Gunung Uludag, yang dalam bahasa Turki berarti Gunung Besar, telah menjadi tujuan ski Turki yang populer dengan lereng untuk semua kalangan. Jalur telah ditetapkan di seluruh area untuk memungkinkan hiking yang aman, yang merupakan keharusan di udara pegunungan yang segar. Keindahan gunung telah dijaga tetap asli di mana tidak ada bangunan, hal ini disebabkan oleh kawasan yang ditunjuk sebagai taman nasional.

Bursa is Turkey's fourth largest city. Photo: google.com

3. Kusadasi

Kusadasi adalah salah satu pelabuhan kapal pesiar paling populer di Mediterania Turki. Dikenal sebagai tempat belanja murah dan kancah hiburan yang meriah, selama beberapa dekade terakhir, tujuan favorit bagi pengunjung dari Eropa pada paket liburan. Perkembangan hotel tersebar di sepanjang pantai di sekitar kota, dan pantai-pantai di kemas di musim panas.

Tapi Kusadasi bukan hanya wilayah utama pantai. Di dekatnya, keagungan situs-situs kuno seperti Priene dan keindahan alam Semenanjung Dilek adalah tempat-tempat wisata yang akan meyakinkan bahkan turis pemuja matahari yang paling gigih untuk menyapu pasir dan keluar dalam perjalanan sehari untuk tamasya.

Kuşadası is a large resort town on Turkey's Aegen coast. Photo: google.com

4. Pamukkale

Pamukkale under blue sky. Photo by Semiha HASTAŞ/pexels

Pamukkale adalah sebuah objek wisata yang berada di kawasan Denizli, Turki Barat Daya. Pamukkale dalam bahasa Turki berarti ‘benteng kapas’ atau ‘kastil kapas’. Disebut demikian karena penampakannya berwarna putih dan menumpuk-numpuk seperti kapas. Benteng Kapas atau Kastil Kapas ini posisinya menempel pada sebuah punggung bukit / tebing setinggi 20 meter di sepanjang dataran bukit pegunungan Cokelez, sehingga dari jauh bukit itu tampak terselubung salju.

Pamukkale bukan buatan manusia, terbentuk karena adanya gejala alam yang mempengaruhi lingkungan. Ribuan tahun lalu situs ini terbentuk saat ada gempa bumi. Awal mulanya terbentuk ketika mata air dengan kandungan kalsium bikarbonat tinggi mengalir di tepi tebing, namun kemudian aliran air tersebut mendingin dan mengeras meninggalkan bekas menjadi endapan kalsium berwarna putih atau dengan bahasa lainnya disebut travertine. Traveller yang sudah pernah datang kesana mengatakan bahwa saat menginjaknya mereka seperti menginjak salju karena begitu lembut. Karena keindahannya, wisata Pamukkale masuk ke dalam “UNESCO World Heritage Site”.

4. Cappadocia

Hot air balloons. Photo by Alex Azabache/pexels

Cappadocia merupakan destinasi wisata yang membentang dari Kayseri barat hingga Aksaray sekitar 150 kilometer. Tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Cappadocia antara lain, kota bawah tanah Derinkuyu dan Kaymakli dan Taman Nasional Goreme yang luas. Pada 1985, Taman Nasional Goreme ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO. Situs tersebut merupakan rumah bagi sejumlah gereja dan tempat tinggal dari batu. Salah satu ciri khas yang paling terkenal dari Cappadocia adalah balon udara warna-warni yang menghiasi langit kota ini.

Wisatawan dapat menyaksikan pemandangan tersebut di musim panas. Namun, Cappadocia adalah salah satu tempat yang harus dijelajahi dari atas. Ada beberapa pemandangan yang hanya bisa didapatkan dari penerbangan balon udara. Sahabat Angkasatour bisa menikmati pemandangan kota gua, formasi tanah yang unik dan matahari terbit yang mempesona.